Blog Diary Mas Aab

Ketika Cinta Merasuki Pikiran Dan Membuat Kita Lupa Segalanya. :)

Contoh Latar Belakang Prakerin

Latar Belakang

Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia-manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.

Pendidikan baik di sekolah maupun di luar sekolah, perlu disesuaikan dengan perkembabangan tuntutan pembangunan yang memerlukan berbagai jenis ketrampilan dan keahlian di segala bidang serta ditingkatkan mutunya sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Prakerin merupakan proses pembelajaran yang dilakukan di DU/DI dengan program dan arahan yang diatur sepenuhnya oleh DU/DI. Peranan DU/DI dalam pendidikan dengan pihak sekolah sangat berpengaruh dalam upaya peningkatan mutu tamatan yang baik. Dilakukannya praktek ini untuk membangun siswa yang disiplin dan memilki etos kerja yang tinggi.

Dengan diadakannya prakerin ini, siswa diharapkan dapat menambah pengetahuan pada materi pelajaran produktif secara langsung di dunia kerja. Serta mendapat pengalaman yang berharga sebelum terjun ke dunia industri yang sesungguhnya. Dengan demikian, siswa diharapkan dapat mengasah kreatifitas dan melatih diri sesuai bidangnya dalam dunia industri.

Tujuan Prakerin

Bagi Siswa :
- Meningkatkan keterampilan serta memperkuat kemandirian berpikir kepada siswa.
- Meningkatkan keahlian profesi, pengalaman, etos kerja dan disiplin waktu dengan terlibat langsung pada kegiatan kerja di DU/DI.
- Secara praktis kegiatan prakerin dapat dimanfaatkan para siswa untuk mencari informasi seluas-luasnya tentang kesempatan lowongan pekerjaan pada DU/DI.
- Diharapkan agar siswa dapat mengetahui dunia kerja secara langsung, dengan tujuan siswa dapat berfikir lebih dewasa dalam mengambil suatu keputusan.
- Agar siswa dapat menambah wawasan, ilmu pengetahuan, yang ada pada DU/DI.
- Setelah mengikuti prakerin di DU/DI, siswa diharapkan menjadi insan yang lebih baik dari sebelum mengikuti prakerin.

Bagi Sekolah :
- Mendapatkan input (masukan) dari DU/DI tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
- Hal-hal yang baru di DU/DI dapat dijadikan bahan ajar kepada siswa, guna lancarnya penyusunan materi kejuruan.
- Meningkatkan jalinan kerja sama yang baik antara sekolah dengan DU/DI.

Bagi Industri :
- Dengan kegiatan prakerin, diharapkan dapat membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja tambahan, sekaligus melatih dan mendidik siswa untuk bekerja secara profesional.
- Mendapatkan calon-calon karyawan bila harus menambah tenaga kerja yang baru.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Contoh Latar Belakang Prakerin"